Minggu, 03 Oktober 2010

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Oleh Budiasih Tahun 2002

Tema : Teknologi Informasi


A. Latar Belakang

Saat ini perkembangan teknologi informasi sudah sangatlah maju dan signifikan sehingga berdampak pada system informasi akuntansi dalam suatu organisasi bisnis. Dampak nyata yang dirasakan adalah pemprosesan data yang mengalami perubahan dari sitem yang manual digantikan oleh computer sebagai alat pemprosesan data. Pemanfaatan Teknologi oleh para pemakai makin memudahkan dalam melakukan pekerjaannya.

B. Rumusan Masalah

Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah dampak yang terjadi di organisasi dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi.
2. Bagaimana peran manager tingkat bawah, manager tingkat menengah, manager tingkat atas setelah diadakannya system komputerisasi guna mengembangkan Teknologi Informasi.


C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak perkembangan teknologo informasi terhadap system informasi akuntansi dan melihat pemanfaatan teknologi oleh para pemakai dalam melakukan pekerjaannya.


D. Metodologi

a. Variabel

Variable dalam penelitian ini dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu pihak ekstern dan pihak intern yang terkena dampak system informasi. Di pihak intern kita dapat melihat peran manager tingkat bawah, manager tingkat menengah,manager tingkat atas


b. Data

Data dalam penelitian ini berasal dari literatut – literature auditor akuntansi dalam melakukan pekerjaannya


c. Tahapan penelitian

Tahap pertama penelitian ini adalah mengumpulkan literature – literatua akuntansi dari auditor
Tahap kedua mempelajari perbedaan teknik auditor tradisional dengan teknik auditor modern dengan menggunakan alat bantu modern.


d. Model penelitian

Penelitian ini menggunakan model sistematis yaitu dengan menggambarkan dampak perkembangan teknologi terhadap system informasi akuntansi.


E. Hasil Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap system informasi akuntansi yang sangat berpengaruh adalah pemprosesan transaksi suatu perusahaan dimana pemprosesan tersebut dilakukan dengan alat bantu computer sehingga lebih cepat dan efesien kecepatan informasi adalah suatu sumber bisnis , pemanfaatan teknologi informasi oleh para pemakai dapat selesai dengan tepat waktu.


F. Saran dan Usulan Lanjutan

Dampak perkembangan teknologi sangat positif sebaiknya managemen perusahaan harus memperhatikan kemampuannya dibidang tersebut , saat ini khususnya bagi setiap auditor yang dibahas dalam penelitian ini diharapkan mempunyai peran lebih dalam lingkungan teknologi informasi dan lebih unggul dalam menghadapi kompetisi dengan ahli yang lain.
Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya lebih dijelaskan lagi tentang variable apa yang akan digunakan dalam penelitian sehingga hasil penelitian lebih tepat dan mudah untuk dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar