Minggu, 03 Oktober 2010

Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Komitmen DalamLingkungan Institusi Pendidikan Di Kota Depok Oleh Mohammad Abdul Mukhyi Tati sunarti Tahun 2007

Tema : Hubungan Kepuasan Kerja dan Komitmen


A,Latar Belakang

Dalam Memenuhi Kebutuhannya kita sering menemukan seorang guru yang mengajar di lembaga sekolah lain.Hal ini disebabkan karena tingginya tuntutan ekonomi.Bukyi empirisnya adalah dengan adanya unjuk rasa pada bulan april tahun 2000 dengan meminta kenaikan tunjanganguru.Tentunya ini sangat mempengaruhi walaupun tidak secara langsung terhadap mutu pendidikn dan anak didiknya.Jadi kualitas dan antusias guru mempunyai dampak pada mutu dan kualitas pendidikan.

B.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahan pada penelitian dirumuskan sebagai berikut :
1. Faktor – faktor apa saja yang mempunyai kepuasan kerja dan komitmen dalam bekerja.
2. Seberapa besar korelasi antara factor ekonomi dan non ekonomi terhadap kualitas pendidikan.

C.Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Menguji secara empiris hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen dalam bekerja .
2. Mengetahui hubungan locus control antara kepuasan kerja dengan komitmen dalam bekerja.

D.Metodologi

a. Variabel
Variable yang dikaji adalah kepuasan kerja sebagai variable independent dan variable komitmen terhadap organisasi.Sebagai variable dependent tipe komitmen terhadap organisasi terdiri dari komitmen efektif , behavioral dan normative. Variabel kepuasan kerja terdiri atas prestasi kerja , penghargaan pekerjaan , tanggung jawab , kesempatan untuk maju , kebijakan system pengajian , rekan kerja , kondisi kerja , keamanan kerja dan aktualisasi diri. Sedangkan variable komitmen pekerja terdiri atas kepedulian dan kebanggaan dan data selanjutnya dianalisis meggunakan uji hipotesis.

b. Data Penelitian
Penelitian ini akan dilakukan dikota depok dengan subyek penelitiannya adalah guru yang mengajar di SLTP baik yang mengajar tetap atau honorer , baik untuk sekolah swasta ataupun sekolah negeri. Dan respondeb terbagi dalam 6 kecamatan , 28 kelurahan dan 39 desa , yang terdiri atas 148 SLTP negeri dan SLTP swasta serta 125 SLTA (SMA & SMAK) negeri dan swasta serta pondok pesantren berjumlah 17 adapun jumlah pendidik dari kedua tingkatan sekolah tersebut adalah kurang lebih 8235 pendidik. Dari jumlah populasi pendidik diambil sampel dengan tingkat kesalahan 5%.

c. Tahapan penelitian
Tahap pertama merumuskan masalah yang dihadapi guru dalam kepuasan kerja dengan komitmen kerja.
Tahap kedua menentukan factor – factor yang mempengaruhi kepuasan kerja dengan komitmen kerja.
Tahap ketiga menguji empiris hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen kerja.
Tahap keempat menghitung korelasi parsial hubungan dengan perlunya mempertimbangkan pengaruh atau efek dari variable lain dalam mengukur variable antar variable dengan mengeluarkan pengaruh dari satu atau lebih. Variabel control dengan menggunakan software SPSS V.11.05

d. Model Penelitian
Penelitian ini menggunakan model backward dengan uji F dan T . Dan uji data menggunakan software SPSS V.11.05







E.Hasil Kesimpulan

Berdasarkan hasil perhitungan data dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa antar variable mempunyai tingkat korelasi atau hubungan yang rendah. Bila dilihat dari tingkat sifnifikannya yang nilainya lebih besar dari 0.05 menunjukan bahwa hubungan antar variable sangat tidak nyata. Jadi kesimpulannya adalah tingkat korelasi antara kepuasan kerja dan komitmen kerja kecil jadi bisa dikatakan hubungannya sangatlah rendah.

F. Saran Dan Usulan Lanjutan

Berdasarkan hasil penelitian terebut saya menyarankan agar kepuasan kerja dan komitmen kerja harus lebih ditingkatkan agar mutu pendidikan dikota depok lebih baik lagi. Komitmen para pendidik dikota depok tidak boleh berkurang karena adanya unsure ketidak puasan.

Penelitian selanjutnya sebaiknya melakukan pemisahan antara SMP dan SMU serta antara pegawai lelaki dan pegawai perempuan , sekolah negeri dan sekolah swasta untuk melihat manakah yang lebih komit antara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar