Sabtu, 15 Januari 2011

Model Perilaku Pengambilan Keputusan Konsumen

Proses Psikologis

• Pemrosesan Informasi
• Pembelajaran
• Perubahan Sikap/Perilaku

Studi Kasus

Andaikan saja sekarang adalah hari pertama Anda bekerja sebagai Penjual di toko pakaian. Seorang pelanggan melangkah masuk dan meminta untuk melihat sebuah sweater ($100) dan setelan jas ($350). Mana yang Anda akan berusahajual lebih dahulu? Jika, Pelanggan telah membeli stelan jas ($350), maka di kala ditawari sweater ($100), maka sweater tersebut tidak dirasakan mahal. Sebaliknya, memulai dengan sweater dapat membuat harga sebuah stelan jas kelihatan jauh lebih mahal.

Pemaparan

Pencapaian kedekatan terhadap suatu stimus sedemikian rupa sehingga muncu peluang diaktifkannya satu atau lebih dar kelima indera Manusia Pemaparan yang berhasil akan memunculkan perhatian yang tinggi pada diri konsumen

Perhatian

Perhatian menggambarkan alokasi kapasitas pemrosesan pada stimulus yang baru masuk. Konsumen sangat selektif dalam apa yang mereka perhatikan. Upaya mendapatkan perhatian konsumen kerap menjadi penghalang yang besar

Faktor-faktor yang mempengaruhi Perhatian

• Motivasi
• Sikap
• Kebaruan
• Juru bicara yang menarik
• Adaptasi
• Rentang Perhatian
• Pergantian adegan
• Kontras
• Ukuran
• Warna
• Intensitas
• Posisi
• Gerakan

Pemahaman

Pemahaman merupakan tafsiran atas stimulus Pemasaran yang berhasil akan bergantung pada tafsiran yang ada pada benak konsumen atas stimulus yang diberikan. Seperti harga, kemasan, nama merek dan iklan Pemahaman dipengaruhi oleh Tingkat pengetahuan, motivasi dan harapan konsumen

Penerimaan
Penerimaan merupakan tingkat sejauh mana stimulus mempengaruhi pengetahuan dan/atau sikap orang bersangkutan Penerimaan akan bergantung pada respon kognitif dan respon afektif
Kognitif: pikiran yang muncul selama tahappemahaman
Afektif: perasaan dan emosi yang dihasilkan oleh sebuah stimulus

Retensi

Retensi merupakan pemindahan tafsiran stimulus ke dalam ingatan jangka panjang.
Ingatan terdiri dari :

1. Ingatan Indera
2. Ingatan Jangka Pendek
3. Ingatan Jangka Panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar