1. Analisis Konsumen sebagai Dasar Manajemen Pemasaran. Analisis ini
akan membantu para manajer untuk :
a. Mendesain bauran pemasaran
b. Mensegmen pasar bisnis
c. Memposisikan dan mendirensiasikan produk
d. Melaksanakan analisis lingkungan
e. Mengembangkan studi riset pasar
2. Perilaku konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam
pengembangan kebijakan public
3. Studi perilaku konsumen akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
5. Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
a. Orientasi Konsumen
b. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
c. Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran
Beberapa Pengertian
James F Engel et al (1994)
Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.
Schiffman dan Kanuk (1994)
Istilah perilaku Konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Loudon dan Albert (1993)
Perilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.
Pikiran Yang Benar tentang Konsumen
1. Motivasi dan Perilaku Konsumen dapat dimengerti Melalui Penelitian
2. Perilaku Konsumen Dapat Dipengaruhi
3. Konsumen adalah Raja
4. Pengaruh Konsumen Sah Secara Sosial
Peranan dalam Pengambilan Keputusan
1. Initiator
Yang Pertama kali menyadari adanya kebutuhan; Pengusul Ide
2. Influencer
Pemberi Pengaruh; yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian
3. Decider
Pengambil Keputusan; memiliki wewenang keuangan dan kekuasaan untuk
menentukan pilihan akhir
4. Buyer
Pembeli; Orang yang melakukan pembelian aktual; Agen Pembelian
5. User
Pemakai; Konsumen Aktual
Sabtu, 15 Januari 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar