Minggu, 28 November 2010

BAB III

BAB III
3.1 Hasil penelitian
Penelitian dilakukan di toko Foto Copy Ridho,Kalibata,Jakarta Selatan. Jumlah responden adalah 50 orang. Sebanyak 32 orang adalah laki – laki atau sebanyak 64% dan 18 orang adalah wanita atau sebanyak 36%. Usia responden berkisar antara 18 – 40 tahun. Dari kuesioner yang disebarkan, maka diperoleh data sebagai berikut :

Variabel Sangat puas Puas Cukup Tidak puas Sangat tidak puas
Harga 15 25 7 3 0
Fasilitas layanan 14 10 20 5 1

Perhitungan variabel harga :
Sangat puas : 15/50 x 100 % = 30 %
Puas : 25/50 x 100 % = 50 %
Cukup : 7/50 x 100 % = 14 %
Tidak puas : 3/50 x 100 % = 6 %

Perhitungan variabel Fasilitas layanan :
Sangat puas : 14/50 x 100 % = 28 %
Puas : 10/50 x 100 % = 20 %
Cukup : 20/50 x 100 % = 40 %
Tidak puas : 5/50 x 100 % = 10%
Sangat tidak puas : 1/50 x 100% = 2%

3.2 Analisis dan Pembahasan
Dari hasil perhitungan diatas diperoleh hasil dari variabel harga sebanyak 30% konsumen Foto Copy Ridho merasa sangat puas, 50% konsumen Foto Copy Ridho merasa puas, dan 14% konsumen Foto Copy Ridho merasa cukup atas harga yyang ditawarkan. Tetapi ada 6% konsumen Foto Copy Ridho yang merasa tidak puas. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa 94 % konsumen Foto Copy Ridho merasa puas terhadap harga yang ditawarkan oleh Foto Copy Ridho.

Sedangkan untuk variabel fasilitas layanan, sebanyak 28% konsumen Foto Copy Ridho merasa sangat puas, 20% konsumen Foto Copy Ridho merasa puas, dan 40% konsumen Foto Copy Ridho merasa cukup atas fasilitas jasa yang ditawarkan oleh Foto Copy Ridho. Namun ada 10% konsumen Foto Copy Ridho merasa tidak puas dan 2% merasa sangat tidak puas. Dapat disimpulkan bahwa 88% konsumen di Foto Copy Ridho merasa puas terhadap fasilitas yang diberikan oleh Foto Copy Ridho.

3.3 Kesimpulan penelitian
Setelah melakukan penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa konsumen di Foto Copy Ridho merasa puas terhadap harga dan fasilitas yang diberikan. Sebanyak 94% konsumen puas terhadap harga yang ditawarkan, nilai rata – rata kuesioner lebih besar dari 50% maka konsumen puas terhadap harga yang ditawarkan oleh Foto Copy Ridho.
Sebanyak 88% konsumen puas terhadap fasilitas yang diberikan, nilai rata – rata kuesioner lebih besar dari 50% maka konsumen merasa puas terhadap fasilitas yang diberikan oleh Foto Copy Ridho.
Namun, walaupun konsumen merasa puas terhadap fasilitas, pihak Foto Copy Ridho perlu melakukan beberapa perbaikan agar konsumen yang merasa tidak puas berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar