Senin, 01 November 2010

Analisis Kepuasan Konsumen pelanggan terhadap HP Sony Ericsson Walkman

Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis Kepuasan Konsumen pelanggan terhadap HP Sony Ericsson Walkman
Oleh : Matt Christian Mardana. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma tahun 2008
A. Latar Belakang dan Masalah
Era globalisasi teknologi komunikasi berkembang dengan pesat. Salah satunya media komunikasi ini dapat dibuktikan dengan banyaknya spesifikasi yang terdapat pada ponsel sony ericsson. Dari beberapa tipe W ( Walkman ), C ( Cybershoot ), K ( Kamera ), G ( Generation Walk ), dari ke empat tipe tersebut yang paling diminati adalah adalah tipe W. kebanyakan yang menggunakannya adalah remaja yang menyukai music.
Untuk meneliti factor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen, khususnya pengguna hp sonny erricson tipe W, maka jurnal ini akan membahas masalah tentang Analisis Kepuasan Konsumen pelanggan terhadap HP Sony Ericsson Walkman.
B. Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Kepuasan Konsumen pelanggan terhadap HP Sony Ericsson Walkman.
C. Metodologi

a. Variabel
variabel yang digunakan adalah dimensi kualitas pelayanan dengan menggunakan skala likert. Variabel tersebut meliputi :

a. Kualitas produk
b. Harga produk
c. Service quality
d. Emotional factor

b. Data
Data yang digunakan dalam menghasilkan penelitian ini adalah data primer. Data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, data yang diperoleh didapat dari menyebarkan kuesioner kepada pemakai hp sonny ericsson.
c. Metode Penelitian
Untuk dapat mengolah data dalam penulisan ilmiah ini digunakan alat analisis, yaitu deskripsi kualitatif dengan menggunakan uji chi square.
Rumus : X2 : ∑( Fo – Fe )2
Fe
Dimana : X2 : Chi Square
Fo : Frekuensi yang diperoleh dari angket
Fe : Frekuensi yang diharapkan
Hipotesis :
Ho : Konsumen tidak puas terhadap produk hp sonny ericsson seri W
Ha : Konsumen puas terhadap produk hp sonny ericsson seri W

d. tahapan penelitian
Tahap pertama yang dilakukan adalah menentukan variable – variable yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
Tahap kedua menganalisis penyebab dari masalah pelayanan dengan menggunakan model analisis kesenjanagan (servqual).
Tahap ketiga memperbaiki kualitas pelayanan yang kurang.
D. Hasil dan Kesimpulan
Sesuai dengan penelitian uji chi square dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen dilihat dari segi pelayanan melalui 4 dimensi, yaitu Kualitas produk, Harga produk, Service quality, Emotional factor. Secara keseluruhan konsumen dapat dinyatakan puas karena rata – rata nilai chi square hitung lebih besar dari chi square table. Maka hipotesis yang dianalisis adalah terima ha dan tolak ho. Dapat diartikan pemakai hp sonny ericsson tipe W merasa puas dengan produk yang dimilikinya
E. Saran dan Usulan Lanjutan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat maka penulis mencoba memberikan saran dari penelitian tersebut, sarannya adalah agar penelitian selanjutnya memasukkan varibel baru yaitu ketahanan produk dan harga jual kembali produk tersebut dipasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar