Minggu, 14 November 2010

Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayanan Jasa Foto Copy Ridho
( Studi Kasus Foto Copy Ridho, Kalibata, Jakarta selatan )

B A B I

A. LATAR BELAKANG

Usaha kecil menengah banyak di minati sebagian besar penduduk Indonesia karena jumlah lapangan kerja atau kesempatan untuk bekerja tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja atau pengangguran, maka dari itu jenis usaha kecil menengah sangat diminati karena keterbatasan jumlah lowongan kerja, Dan pada usaha ini pun tidak memerlukan modal besar dan hanya membutuhkan sedikit keterampilan dalam membuka usaha .

Dari usaha itulah penduduk indonesia mendapatkan penghasilan dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mendirikan usaha kecil menengah (UKM) Dengan modal seadaanya kita bisa membangun usaha kecil,sampai usaha besar. Dengan adanya kerja sama,keterampilan dan semangat antar pemilik modal dengan para pekerja UKM dapat berjalan dengan lancar dan dapat berkembang tidak hanya itu tempat /lokasi usaha juga harus dipikirkan.

Salah satu UKM tersebut adalah Jasa Foto Copy Ridho yang terletak di Kalibata, Jakarta selatan. Usaha ini telah berdiri sejak 8 tahun yang lalu, sehingga telah memiliki banyak pelanggan. Namun seiring berjalannya waktu saingan usaha pun banyak bermunculan. Oleh sebab itu Foto Copy Ridho harus melakukan strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah bersaing oleh para pesaingnya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah memberikan harga yang lebih murah jika jumlah Foto Copynya lebih dari 100 lembar. Lalu mereka juga menambah mesin foto copy agar tidak terjadi antrian yang lama ketika pelanggan banyak yg berdatangan.

Semua hal yang dilakukan oleh Foto Copy Ridho adalah untuk memuaskan pelanggannya. Kepuasan pelanggan sangat penting karena dari kepuasan itulah akan timbul rasa kepercayaan dari pelanggan dan memungkinkan kembali pelanggan menggunakan jasa foto copy ridho. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis terhadap kepuasan pelanggan bagi usaha tersebut untuk mengukur dan mengevaluasi sebaik mungkin.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apakah variabel harga yang di tawarkan oleh Foto Copy Ridho memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
2. Apakah fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh Foto Copy Ridho memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

C. TUJUAN PENILITIAN

1. Untuk mengetahui pengaruh variabel harga terhadap kepuasan konsumen di Foto Copy Ridho.
2. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Foto Copy Ridho.

D. KERANGKA PEMIKIRAN

Kepuasan konsumen adalah prioritas bagi setiap pelaku usaha. Karena dari kepuasan itu akan timbul rasa kepercayaan terhadap produk yang kita miliki. Sehingga pelanggan akan setia dan enggan pindah ke produk jasa sejenis lain.




HIPOTESIS

Ho : Harga dan Fasilitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Ha : Harga dan Fasilitas layanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar