Senin, 01 November 2010

Analisa tingkat Kepuasan konsumen terhadap Pelayanan studio Musik 64 Ciputat.

Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisa tingkat Kepuasan konsumen terhadap Pelayanan studio Musik 64 Ciputat.
Oleh : Rizky Bahrain Universitas Gunadarma 2008

A. Latar Belakang
Penggemar musik dapat menyalurkan kegemaran dan bakat – bakatnya melalui beberapa alat musik dengan cara memainkannya. Tetapi apakah setiaporang mempunyai sejumlah alat musik yang lengkap guna memdukung permainannya, tentu saja tidak semua orang memiliki sejumlah alat musik yang lengkapdan berkualitas.Studio Musiklah jawaban dari perytanyaan diatas dengan adanya studiomusik semua orang dapat memainkan musik dengan perlengkapan yang lengkap.Berbicara mengenai ekonomi sangatlah popular,bahwa ekonomi bisnis saat kini beroperasi dalam ekonomi global yang mengalami hiperkompetisi bahwa teknologi baru yang mengejutkan dan menantang setiap bisnis. Dan setiap perusahaan akan mempertahankan kelangsungan hidupnya dan terus meningkatkan hal yang perlu ditingkatkan.Maka diperlukan alat pemecah masalah untuk menghadapi pesaing guna meningkatkan laba perusahaan.Solusi yang mungkin harusdilakukan adalah bagaimana cara perusahaan membuat konsumen puas akan jasa yang ditawarkan sehingga akan menambah kepercayaan dan memungkinkan menggunakan kembali produksi / jasa perusahaan tersbut.

B. Tujuan penelitian
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan studio musik 64 ciputat yang dilihat dari 7 Variabel yaitu Harga untuk setiap produk / jasa, Lokasi , kualitas dan kelengkapan alat musik , personel pengelola , factor studio , atmosfer studio , dan pelayanan yang diberikan.

C. Metodologi
• Variabel
Variabel yang digunakan untuk melihat hasil penelitian ini menggunakan 7 variabel diantaranya Harga untuk setiap produk / jasa, Lokasi , kualitas dan kelengkapan alat musik , personel pengelola , factor studio , atmosfer studio , dan pelayanan yang diberikan.

• Data
Data yang digunakan untuk menghasilkan penelitian ini maka data yang diambil penulis adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti , dalam hal ini objek menghasilkan beberapa pertanyaan (kuisioner) yang akan disebar kepada subjek yang bersangkutan dalam penelitian tersebut adalah konsumen yang menyewa alat musik dari studio 64 yang ditemui di lokasi penelitian.Dan pengambilan data ini juga mewawancarai responden dengan bertanya langsung kepada responden dan dengan pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan data dalam penelitian ini.
• Metode Penelitian
Untuk dapat mengolah data dalam penulisan ini digunakan alat analisis dengan menggunakan uji chi square dengan rumus :

Rumus : X2 = ∑ (FO - FE) 2
FE
Dimana X2 = Chi Square
FO = Frekuensi yang diperoleh dari Angket
FE = Frekuensi yang diharapkan

Dan dengan table kelas interval dan penilaian :

Interval Penilian
50- 89 Sangat Tidak Baik
90 – 129 Tidak Baik
130 – 169 Cukup Baik
170 – 209 Baik
210 - 250 Sangat Baik

• Tahapan penelitian
Tahap pertama menentukan variable – variable yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan studio musik 64.
Tahap kedua menganalisis apa yang menyebabkan masalah pelayanan tersebutterjadi.
Tahap ketiga mengoreksi kekurangan yang terjadi di pelayanan yg kurang memuaskan

D. Hasil dan Kesimpulan
Setelah dilakukan analisis dan pembahasan pada bab sebelumnya tentang kepuasan konsumen dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan karena Ho ditolak karena X2 tabel (36,42) < X2 hitung dan Ha diterima.

E. Saran dan Usulan lanjutan
Berdasarkan hasil kesimpulan penulisan saran untuk studio musik 64 agar lebih ditingkatkan lagi kinerja menjadi lebih baik, mendengarsetiap keluhan pelanggan. Sehingga memungkinkan kembali menggunakan produk / jasa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar