Sabtu, 15 Januari 2011

Proses Psikologis

Proses Psikologis

• Pemrosesan Informasi
• Pembelajaran
• Perubahan Sikap/Perilaku

Perilaku Konsumen adalah perilaku yang dipelajari Rasa, Nilai, Kepercayaan, Preferensi dan Kebiasaan yang sangat mempengaruhi perilaku belanja, beli dan konsumsi konsumen adalah hasil dari pembelajaran sebelumnya

Pembelajaran

Pembelajaran dapat dipandang sebagai proses dimana pengalaman menyebabkan
perubahan dalam pengetahuan, sikap dan/atau perilaku


4. Jenis Utama Pembelajaran :

a. Pembelajaran Kognitif
b. Pengkondisian Klasik
c. Pengkondisian Operant
d. Pembelajaran Vicarious

Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran Kognitif berkenaan dengan proses mental yang menentukan retensi informasi. Proses mental ini mencakup bermacam aktivitas yang berkisar dari pembelajaran informasi hingga pemecahan masalah

Studi kasus:
Seorang PNS yang baru menerima gaji ke-13 membuat rencana untuk menghabiskan liburan on the weekend.
Ia membutuhkan Informasi
Ke mana ?
Apakah menyenangkan?
Dananya cukup?
Fasilitas apa saja?.... dsb

! Pemasar dapat mempengaruhi konsumen pada tahapan pembelajaran kognitif ini.

Agar Konsumen mengingat Produk tertentu di saat membutuhkan informasi maka perlu dilakukan :

1. Rehearsal (Latihan Ulang) yaitu : pengulangan informasi dalam hati, atau secara lebih formal, pendauran ulang informasi melalui ingatan jangka pendek. Iklan merupakan salah satu strategi efektif dalam upaya rehearsal.
2. Elaborasi yaitu : banyaknya penggabungan (integrasi) antara stimulus dengan pengetahuan yang sudah ada. Contoh: Ingat Indra Bekti, ingat Simpati Elaborasi dipengaruhi oleh Motivasi dan Kemampuan

Pengkondisian Klasik berfokus pada pembelajaran melalui asosiasi Pemasar sering mengandalkan pengkondisian klasik, khususnya dalam iklan untuk mempengaruhi preferensi konsumen.

Studi kasus :
Seorang ABG memiliki hobby menonton. Setiap ada film terbaru yang dirilis, dia tidak pernah tertinggal untuk menontonnya. Menonton bagi dia adalah sesuatu yang menyenangkan. Bila menonton di Bioskop menyenangkan, dan bila menonton di Home Theatre Menyenangkan
! Pemasar dapat menciptakan & memasarkan produk yang memberikan “kesenangan” yang sama pada aktivitas tertentu

Pengkondisian Operant

Pengkondisian Operant mempertimbangkan bagaimana perilaku dimodifikasi oleh pengukuh dan penghukum. operant Pengkondisian menekankan pentingnya pengukuhan sebagai alat untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Tingkat pengukuhan yang dirasakan konsumen selama konsumsi sangat menentukan perilaku pembelian yang mendatang

STUDI KASUS :
Sewaktu berbelanja di toko makanan, seorang ibu melihat sebuah merek baru serealia dan memutuskan untuk membelinya untuk dikonsumsi pada pagi hari. Pada serealia A Sangat puas dengan rasanya, Pada serealia B Menyukainya Senang dengan Hadiahnya Dan Membeli Kembali di saat ada kesempatan

! Pemasar harus menciptakan produk yang dapat memuaskan konsumen

Pembelajaran Vicarious
Pembelajaran Vicarious (Pencontohan) menyangkut pembelajaran melalui observasi, yang memadukan aspek – aspek dari teori pembelajaran kognitif dan perilaku. Pembelajaran Vicarious merujuk pada suatu proses yang berusaha mengubah perilaku dengan meminta individu mengamati tindakan orang lain

STUDI KASUS :
Sebuah Iklan menampilkan seorang Ibu yang sedang mencuci pakaian. Pada Detergen A dia Menyukainya Karena Pakaian Bersih, Pada detergen B Tangan tetap mulus dia juga Menyukainya dan Membeli Kembali di saat ada kesempatan
Tidak Menggunakan Produk - Tangan Rusak - dan Pakaian masih Kotor
! Pemasar harus meyakinkan konsumen yang terbaik bahwa produknya adalah terbaik, rugi jika tidak menggunakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar